DODI SYAHPUTRA MM

CATATAN JURNALISTIK DAN PERSONAL

PEMILU BERLANGSUNG SUKSES

ALIS MARAJO

ALIS MARAJO

SARILAMAK, METRO
Ketua Panwaslu Limapuluh Kota O SH memuji pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Putaran Kedua yang berlangsung sukses dan lancar. Pujiannya disampaikan kepada seluruh masyarakat, pelaksana, aparat keamanan serta seluruh yang terkait di penyelenggaraan Pemilu 2010 ini.
Di hadapan seluruh unsur di Rekap Perhitungan Suara tingkat Kabupaten Limapuluh Kota, di Aula Kantor Bupati Bukik Limau Sarimalak, O SH juga menyebut memang masih ada terjadi beberapa pelanggaran pemilu yang kini terus diproses. Namun, secara umum penyelenggaraan telah baik dan mengakomodasi secara jujur dan adil.
Pun, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Chairul Aziz sendiri mengakui bahwa pihak keamanan cukup ketat menjaga setiap proses di Pemilu. Untuk itu, ia memohon maaf kalau ada yang merasa risih atau terganggu.
“Sepenuhnya, kami pihak keamanan, menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh, menjunjung demokrasi serta amanat negara untuk sukses Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota kali ini. Selamat kepada Bupati terpilih, semoga ke depan hasil demokrasi ini menjadi kecemerlangan di Limapuluh Kota,” ujar Chairul Aziz yakin.
Chairul Aziz yang menyampaikan hal ini bersama Kapolres Payakumbuh AKBP S Erlangga dan Dandim 0306 50 Kota Letkol Inf Isdon Handoko berharap proses demokrasi yang berjalan aman, tertib dan lancar ini terus dipelihara.
Pejabat Bupati Limapuluh Kota, Syafrial Sarbaini, Ketua DPRD Darman Sahladi serta seluruh Muspida pun mengakui bahwa Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Putaran Kedua ini berlangsung sukses dan menghasilkan terpilihnya Alis Marajo-Asyrwan Yunus selaku yang akan memegang amanah daerah ke depan. ”Selamat kepada pasangan yang terpilih!” ujar keduanya senada.
Alis Marajo – Asyrwan Yunus telah dipleno dan diketuk palu oleh Komisi Pemilihan Umum Limapuluh Kota menjadi Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk periode 2010 – 2015. Alis – Asyrwan sendiri dengan lega menyatakan bahwa kemenangan ini kemenangan seluruh masyarakat Limapuluh Kota.
“Tidak ada bagi kami, istilah dendam politik. Semua unsur masyarakat akan kami rangkul dalam bekerja membangun daerah ini. Pun, para pegawai, pejabat, jangan cemas. Sebab kami proporsional bekerja, menimbang dengan kapabilitas, tidak serta-merta menelisik persoalan dukung-mendukung atau tidaknya selama proses Pemilu berlangsung,” ujar Alis-Asyrwan senada.
GUGATAN
Tentang santer isu akan adanya gugatan dari tim Irfendi Arby dan Zadri hamzah yang telah dinyatakan kalah Pemilu Bupati dan Wakil Bupati ke Mahkamah Konstitusi, tentunya secara aturan sampai Rabu (29/9) besok ditunggu oleh KPU. Jika memang ada materi yang akan digugat, silakan saja.
“KPU bertugas, hari ini (kemarin-red) melaporkan secara resmi hasil Pemilu ke DPRD. Bupati terpilih dan Wakil Bupati terpilih telah kita report ke DPRD bahwa telah sama-sama secara demokrasi memenangkan pemilihan umum kali ini,” ujar Divisi Teknik KPU, Irwandy. Ketua KPU Limapuluh Kota, Syahrul SH sendiri mengatakan bahwa proses di Mahkamah Konstitusi akan berlangsung selama 14 hari.
Namun, berdasar pengalaman Pemilu Kepala Daerah yang digugat ke MK, umumnya tidak ada yang bersifat membatalkan atau mengulang Pemilu. Umumnya tidak memenuhi syarat perkara.
Apalagi, menurut Ketua Tim Relawan Alis Marajo-Asyrwan Yunus (AA) Wendra Yunaldi SH MH, seluruh pelanggaran Pemilu yang kini berada di desk Panwaslu berasal dari pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh tim pasangan calon nomor urut 3.
“Kita baca di media, seluruhnya persoalan yang kini ditangani oleh Panwaslu adalah terkait dengan pelanggaran Pemilu oleh tim pasangan nomor urut 3. Kami siap saja meladeni jika ada tuntutan sampai ke Mahkamah Konstitusi. Namun, tentunya sesuai dengan fakta dan lengkap syarat hukumnya,” ujar Wendra Yunaldi SH MH.
Bentuk sportifitas tim AA telah ditunjukkan dengan mengakui di Rekap Suara Kabupaten untuk PPK Harau terjadi penambahan suara untuk AA sebab salah tulis secara manual. Namun, secara deyure dan defacto, seluruh berkas C1 yang merupakan berkas legal hasil Pemilu di TPS, telah ditandatangani oleh seluruh saksi di TPS.(sp)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

DODI SYAHPUTRA MM

CATATAN JURNALISTIK DAN PERSONAL

Words of Thousand Stories

Karena Kita Selalu Punya Cerita

Fiazku

Kecerdasan Manusia Bodoh

TechCrunch

Startup and Technology News

mang shanny Blog

Menjalin Silaturahmi dan menambah wawasan tentang komputer dan bisnis internet

Lucy Wiryono

renew your minds

tom.basson

healthy (body+mind+spirit) = healthy soul

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

Kaliki Santan

just ordinary people, and to persue a big dream and a sincere of love..!

Devino Rizki Arfan

perencanaan keuangan untuk semua

Duoputri's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Berjuang Dengan Pena

Just another WordPress.com weblog

Nasrul's Weblog

Tidak Hanya Melihat Sebelah Mata

Prosewa

Prosewa Production

Sato Sakaki Mambangun Nagari

Just another WordPress.com weblog

Fotomold's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Duniauniq's Blog

Just another WordPress.com weblog

Elang Rimba

Just another WordPress.com weblog

algembira

Just another WordPress.com weblog

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.185 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: