PAYAKUMBUH

Upaya keras Tim Sepakbola Persepak Kota Payakumbuh nyaris menang di hari pertama Divisi II ISL Grup C di Jakarta, Senin (28/1). Keberuntungan saja belum berpihak ke pelaga sepakbola Payakumbuh, mereka dikalahkan 0-2 oleh tim Fila2000 Jakarta.

Laga yang berlangsung di lapangan Yonzikon 13 Denzipur Jakarta ini sebenarnya dikuasai oleh Persepak di 30 menit awal. Zacky cs yang dipasang oleh pelatih Pendi dengan pola lapangan 4-4-2 sudah unggul di hampir sepenuh babak pertama. Sayang, permainan Persepak sempat mengendur kemudian.

Lapangan Yonzikon 13 sebenarnya lapangan pengganti. Awalnya, direncanakan Persepak berlaga di Stadion Lebak Bulus. Pemindahan ini pun mendadak diberitahukan. Namun, Persepak tidak menjadi grogi. Permainan Zacky cs terlihat penuh percaya diri. Yonzikon 13, lapangannya memang bertekstur tanah yang padat. Ini membuat kecepatan serangan Persepak terganggu di akhir-akhir babak pertama.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Fila2000 Jakarta dengan menyentakkan serangan jitunya. Di menit-menit akhir babak pertama inilah penyerang Fila2000 menembus jala Persepak. Skor 1-0 hingga akhir babak pertama selesai.

Dua Kesempatan Emas

Sementara itu, berkat motivasi tinggi yang dimiliki Persepak yang umumnya kelahiran ’93-’95 versus Fila2000 yang rata-rata pemainnya kelahiran ’90, tidak sedikitpun tergambar nervous atau grogi pemain Persepak yang minim kompetisi luar daerah ini.

Pendi, sang pelatih tidak ingin beralasan. Namun, di awal babak pertama., tendangan lurus Zacky berhasil mengancam jala Fila2000. Sayang seribu sayang, tiang gawang melebar mengakibatkan bola menyentuh tiang pembatas ruang gol itu. Bola pun mental keluar.

Serangan balik ini pulalah yang menjadi malapetaka bagi Persepak di hari pertama laga Divisi II ISL, Grup C ini. Fila2000 seperti tidak tertahan dengan permainan yang sebenarnya bisa ditebak. Sayang, serangan Fila2000 kedua kalinya menyarangkan si kulit bundar di jala Persepak.

Persepak tidak menyerah begitu saja. Meski tertinggal 2 gol, pemain sayap Yasril lewat koordinasi yang baik membawa bola ke depan. Persis sama dengan gaya Oktavianus kala di Semen Padang dulu. Hasilnya, tendangan menyudut yang memutar mengancam jala Fila2000.

Ah, sayang. Lagi-lagi Persepak harus puas dengan hasil nyaris gol. Tiang gawang lawan kembali melebar. Bola yang disebut Pendi terlalu ringan dan tidak standar itu pun melenting ke luar lapangan.

Gagal lagi, Persepak terus mencoba. 45 menit babak kedua, tetap dihabiskan dengan perjuangan keras. Sayang, keberuntungan masih ke tim Jakarta. Lapangan yang berstatus lapangan cadangan ISL Divisi II Grup C itu pun harus ditinggalkan dengan catatan kekalahan.

”Kita tidak berkecil hati. Saya, anak-anak dan tim telah berjuang keras. Semua menyaksikan. Namun, memang kita banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Insya Allah, dukungan masyarakat dan pemerintah Payakumbuh akan terus membangkitkan semangat pemain. Masih ada game selanjutnya,” tukas Pendi di Jakarta sehabis pertandingan.

Ketua PSSI Payakumbuh terpilih, Tri Venindra SE saat dihubungi mengatakan bahwa kalah menang itu biasa dalam kompetisi. Pastinya, perjuangan dan daya tempur Persepak semakin kuat. Mudah-mudahan akan semakin baik di main Selasa (sore) ini.

DODI SYAHPUTRA

 

Grup C Divisi II ISL

Persepak Payakumbuh

Versus

  • Senin (28/1) : FILA2000 Jakarta
  • Selasa (29/1) : PLN Jambi
  • Jumat (1/2)    : Jakarta Selatan
  • Minggu (3/2) : Persekap kapuas