PAYAKUMBUHGambar

 

 

Tour de Singkarak 2013 tinggal 113 hari lagi. Pelaksanaan event promosi pariwisata Sumatera Barat ini akan digeber 3-9 Juni 2013 mendatang. Untuk Sumatera Barat, pelaksanaan Tour de Singkarak 2013 kali ini akan bertambah etape, tidak berakhir hanya di Sawahlunto lagi. Sebab sudah bertambah etape melewati Solok Selatan dan Dharmasraya.

 

”Kami sedang di Jakarta bersama Walikota. Pertemuan di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hari ini menyimpulkan komitmen seluruh daerah yang dilewati etape per etape untuk ikut andil dan berperan serta,” terang Kadinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Rida Ananda.

 

Walikota Riza Falepi menyebutkan bahwa kegiatan TdS 2013 akan jadi momentum naiknya atmosfir wisata dan ekonomi masyarakat Kota Payakumbuh. Rapat bersama seluruh daerah yang dilewati TdS 2013 ini sementara menyimpulkan bahwa Payakumbuh akan ikut serta selaku daerah utama yang dilewati kembali.

 

Sementara itu, Tour de Singkarak 2012 merupakan Tour de Singkarak edisi ke-4 yang diselenggarakan pada 4 Juni hingga 10 Juni 2012. Tour de Singkarak tahun lalu dimulai dari Kota Sawahlunto dan tidak lagi berakhir di Danau Singkarak, melainkan di kota Padang sebagai ibu kota Sumatera Barat.

 

2012 kejuaraan balap sepeda jarak jauh ini melombakan 7 etape yang berlangsung selama 7 hari, sedangkan total hadiah naik menjadi Rp1 miliar. Tour de Singkarak 2012 diluncurkan pada 14 Mei 2012 di Jakarta dan diresmikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sapta Nirwandar dan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

 

2012, Tour de Singkarak melintasi 854 km jalan raya dari 14 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Selain 12 kabupaten dan kota yang dilintasi Tour de Singkarak tahun sebelumnya, Tour de Singkarak 2012 juga melintasi 2 kabupaten lain, yaitu kabupaten Sijunjung dan kabupaten Pesisir Selatan.

 

Setiap kabupaten atau kota, 2012 lalu itu, menyuguhkan keindahan alam dan kekayaan budaya maupun objek terkenal yang dimilikinya. Sehingga diharapkan dapat mengangkat potensi wisata di Sumatera Barat kepada wisatawan mancanegara.

 

Sambutan Payakumbuh

 

Kota Payakumbuh sendiri selaku kota yang ikut serta dan menjadi tujuan finish atau start nantinya telah menyiapkan Rp350 juta untuk menyambut iven TdS 2013 ini. Pemko Payakumbuh bersemangat tinggi. Sejak TdS pertama digulirkan, tingkat permodalan APBD untuk mendukung iven yang diikuti atlet sepeda internasional.

 

2012 lalu, berbeda dengan penyelenggaraan Tour de Singkarak pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu dimulai dari kota Padang, Tour de Singkarak tahun ini justru dimulai dari kota Sawahlunto, salah satu kota tua terbaik di Indonesia.

 

Sedangkan kota Padang yang merupakan ibu kota Sumatera Barat, dijadikan sebagai tempat berakhirnya Tour de Singkarak, setelah sebelumnya ditempatkan di Danau Singkarak. Namun demikian, Ngalau Indah Payakumbuh maupun objek-objek terkenal lainnya tetap menjadi bagian dari jalur lintasan yang tahun ini panjangnya mencapai 854 km.

 

Perbedaan-perbedaan tersebut terjadi mengingat kejuaraan ini telah menjalin kerjasama dengan Amaury Sport Organisation atau ASO, penyelenggara Tour de France di Perancis. TdS 2013 dipercaya akan menjadi gebyar iven internasional yang kian mengangkat pamor pariwisata dan ekonomi daerah. Payakumbuh dipercaya akan kian meningkat spirit pariwisatanya sejalan dengan peningkatan pendapatan daerah.(dsp)