PAN PAYAKUMBUHPAYAKUMBUH

Partai Amanat Nasional bertekad mewujudkan program PAN 2 Digit, yang artinya memenangkan Pemilu Legislatif, 9 April 2014 dengan perolehan hasil dua digit. Siang kemarin, DPD PAN Kota Payakumbuh menghelat orientasi Bacaleg, Kamis (21/2) kemarin di Hotel Mangkuto Payakumbuh. Ketua DPD PAN Kota Payakumbuh, Chandra Setipon AMd mengantarkan laporannya bahwa Bacaleg mendaftarkan diri dengan jumlah 45 orang.

Dapil 1, Kecamatan Utara dan Lamposi Tigo Nagori: 17 orang. Dapil 2, Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Selatan: 11 orang. Dapil 3, Payakumbuh Barat: 15 orang. Chandra Setipon melaporkan bahwa sesudah orientasi ini akan ada seleksi yang dilakukan sesuai dengan kuota kursi di DPRD Payakumbuh, jumlah 45 bacaleg ini akan diciutkan menjadi 25 orang.

Sementara itu, Ketua Umum DPW PAN Sumbar HM Asli Chaidir, bersama Guspardi Gaus, Nazwar Ismadi, pengurus DPW PAN Sumbar. Hadir juga Mahmuda Rivai, mantan Plt Gubernur Sumbar yang kini akan mencalonkan diri ke PAN untuk ke DPR RI dan H Riswandi Datuak Siri Marajo.

HM Asli Chaidir dalam paparannya mengatakan banyak pengorbanan partai telah dilakukan untuk menghelat banyak kegiatan. Namun, hasil dari pengorbanan ini telah terlihat.

”Saya punya beban dan tanggung jawab untuk PAN maju atau mundur. Demikian juga beban dan tanggung jawab semua pengurus dan warga PAN lainnya. Telah beberapa periode, masyarakat tentu telah melihat sudahkah PAN memberikan kesejahteraan? Tentunya dari sudut pandang mana masyarakat menilai,” ujar Asli Chaidir.

Bicara situasi, Asli Chaidir yang telah dua kali periode memimpin PAN Sumbar, mengatakan situasi dan kondisi kini tidak akan sama dengan dulu. Kini, PAN harus lebih siap menghadapi situasi yang terkini pula.

Asli Chaidir menyuruh, ”kita resek kain kito masiang-masing”, menginstropeksi diri sendiri. Sebab, 45 orang bacaleg, yang hadir di orientasi kemarin 25 orang saja. Tentu, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Asli Chaidir meminta para kader PAN yang kini maju di bacaleg agar jangan seperti ”cakak dalam banda”. Jangan tanpa perhitungan.

Asli Chaidir memberikan motivasi kepada seluruh kader PAN Payakumbuh. Untuk perolehan suara, 23 ribu suara diperolehnya secara pribadi. Makanya, Asli Chaidir mengingatkan seluruh pengurus DPD Kota Payakumbuh untuk saling bergandingan tangan. Sebab, PAN di Sumbar cukup di posisi atas dan punya nama. PAN di tingkat pusat hampir tidak punya masalah.

Orientasi bacaleg ini dilaksanakan selama dua hari sampai hari ini. Asli Chaidir mengkritik para bacaleg untuk serius dan mulai bekerja ke bawah. Jangan hanya numpang nama. PAN adalah partai serius untuk maju dan membangun sampai ke bawah.

Dua narasumber lainnya, Guspardi Gaus dan Ismadi mengingatkan bahwa sistem dan aturan partai harus mampu ditegakkan oleh seluruh Bacaleg khususnya, kader umumnya. Sebab, tanpa mengikuti ritme politik di Indonesia hanya akan bisa dimenangkan hanya bisa lewat disiplin aturan partai.

Sebelumnya, pagi kemarin Asli Chaidir di DPD PAN Limapuluh Kota menekadkan dua kali lipat perolehan suara di Pemilu 2014 nanti. Jika 7 ribu suara diperoleh di Pemilu 2009 lalu, maka 14 ribu sampai 15 ribu suara harus diraih.

Asli Chaidir meminta seluruh Bacaleg untuk yakin, bahwa tidak ada yang bisa mengubah nasib, jika tidak dengan diri sendiri. Maka, berbuatlah sungguh-sungguh dan sepenuh hati.(dsp)