OLEH-OLEH: SAKIDOMURA KAOS
OLEH-OLEH: SAKIDOMURA KAOS

Limapuluh Kota

Berkat tekun, serius dan ulet. Itulah hasil kinerja Kabid Pariwisata Ali Hasan, pasca diresmikannya Tugu Katulistiwa Sadikomura di Koto Alam Pangkalan, kini kabar gembira kembali hadir.

Rupanya keseriusan Ali Hasan dan timnya mendapat respon positif dari Walinagari Koto Alam. Bersama keluarga dan seluruh masyarakat Koto Alam, diserahkan tanah 2 hektar di seberang tugu Sadikomura untuk dijadikan tempat usaha wisata.

“Warga Koto Alam sangat optimis dengan usaha pariwisata dengan adanya tugu ini. 20 Februari lalu, saat Bupati Alis Marajo hadir di peresmian kembali dan peringatan kulminasi Sadikomura, luar biasa ramainya pengunjung. Sampai hari ini,” ujar Ali Hasan, kemarin.

Sadikomura telah menjadi objek wisata minat khusus yang merekat kenangan. Ali Hasan bersegera akan membuat photospot atau lokasi berfoto di tugu yang kini bersih, indah dan merah putih ini.

Tugu ini didirikan sejak zaman penjajahan Jepang. Kala itu, mura diartikan sebagai desa. Sodiko katulistiwa. Kini, tugu Sadikomura disinggahi banyak pengendara Riau-Sumbar. Wisata objek sejarah minat khusus yang potensial.

Generasi muda Pangkalan, diwakili tokoh muda Alfianto berujar, salut atas hibah tanah yang masih bukit di Sadikomura. Ini kemajuan ekonomi masa depan. Penggagas “Oji” organisasi usaha Pangkalan ini sangat mengapresiasi Koto Alam sebagai bagian kampung halamannya.(dsp)