TIGA PARTAI MENDAFTARKAN CALEG DI KPU

Tiga partai; Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Nasdem mendaftarkan caleg usungan masing-masing partai Sabtu (20/4) sore. Ketiga partai masing-masing datang dengan boks plastik besar berisi berkas-berkas kelengkapan para bacaleg.

Tim Sekretariat KPU Limapuluh Kota segera sigap bekerja. Meja penerimaan berkas segera dibagi tiga. Tiga tim kerja kemudian mengumpulkan berkas, mendata kelengkapan dan sementara menerima berkas pendaftaran tersebut. Masing-masing partai juga menempatkan seorang petugasnya untuk mencatat dan mengawasi proses penyerahan berkas tersebut.

Masing-masing pengurus inti Partai Nasdem; Lasdi Alfianto (Ketua Partai Nasdem), Lukman Ayoeb (Sekretaris Partai Nasdem), Fauzan Azima (Bendahara) dan Edy Syafianto (Petugas Penghubung Partai Nasdem) terlihat mengawal penuh penyerahan berkas ini.

“Hari ini, Partai Nasdem membuktikan gerakan perubahan. Saya, selaku Ketua DPD tidak mencalonkan diri menjadi bacaleg,” ujar Lasdi Alfianto dalam siaran persnya yang dibagi-bagikan Marsanova Andesra kepada para wartawan. Marsanova Andesra, sebelumnya politikus PAN yang kini menyeberang ke Partai Nasdem.

Partai Nasdem langsung menyebut optimis di Pemilu 2014 ini. Raihan suara terbanyak bakal didominasi Partai Nasdem, dengan alasan partai ini tampil sebagai partai rakyat dan untuk rakyat. Sehingga akhirnya partai ini ingin mewujudkan cita-cita rakyat.

Partai Nasdem sendiri berkomposisi bacaleg DPRD Kabupaten, Provinsi sampai Nasional masih diisi oleh para tokoh politik yang menyeberang kapal. Banyak nama bacalegnya adalah tokoh penting di partai lain di Pemilu sebelumnya.

Sementara itu, Partai Amanat Nasional yang dikomandoi langsung oleh Ketua DPD PAN Akrimal Adam, Sekretaris H Abdul Malik, Bendahara Budiman Mustafa terlihat sibuk berdiskusi di tenda penerimaan tamu. Partai yang sudah senior ini, terlihat menyerahkan urusan penyerahan berkas ke penghubung Lisa Kurnia dan tim lainnya.

Akrimal Adam mengatakan partainya datang dengan daftar bacaleg penuh. Artinya jumlah caleg yang didaftarkan adalah 35 orang, sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Limapuluh Kota.

Lain lagi dengan PKS. Ketua DPD PKS Wardi Munir terlihat duduk langsung di meja registrasi di ruangan dalam KPU. Ia bersama timnya, Sekretaris Yengki Otrio, Bendahara H Yos Sariadi dan penghubung Fajri Ramadhan dan Zukron terlihat di meja paling ujung diterima oleh tim Sekretariat KPU Limapuluh Kota.

“Penuh!” jawaban singkat Wardi Munir saat ditanyai tentang jumlah caleg yang didaftarkan. 35 orang di lima daerah pemilihan.

Hingga Senin

Pendaftaran bagi partai mengusung para bacalegnya, sampai tanggal 22 April ini. Diperkirakan, Minggu dan Senin akan banyak partai lainnya yang mendaftarkan.

Di meja KPU sendiri, tertulis aturan-aturan pendaftaran. Partai politik mendaftar pada 9-22 April 2013 mulai pukul 8.00 – 16.00 WIB. Partai politik mengajukan dokumen pencalonan anggota DPR/DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten 1 (satu) kali pada masa pendaftaran.

Partai politik mengisi buku tamu, sebelum melakukan pendaftaran dan penyerahan dokumen pencalonan. Apabila antara pukul 15.00 – 16.00 terdapat lebih dari beberapa partai politik sehingga menimbulkan antrian, parpol mengisi buku tamu dengan menyerahkan model B dan model BA kepada petugas. Serta, petugas penghubung harus menyerahkan surat mandat dari partai politik pada saat pendaftaran di meja registrasi.

Saat pendaftaran Sabtu sore, hanya Ketua KPU Syahrul SH yang terlihat. Empat komisioner lainnya; Budi Mulya, Irwandy, Afdal dan Busti Almen tak terlihat.(dsp)