LIMAPULUH KOTA

ALI RAHMAN - Wartawan senior berdiskusi dengan Wabup Asyirwan Yunus
ALI RAHMAN – Wartawan senior berdiskusi dengan Wabup Asyirwan Yunus

”Wah, selamat ya. Berarti tepat dong waktunya!” Ungkapan Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi saat bertemu wartawan dalam silaturahmi di Balai Wartawan Luak Limopuluh, Jumat (3/5). Bertepatan dengan Hari Pers Bebas Sedunia ke 20 tahun ini yang disebut ”World Press Free Day”. Apresiasi diberikan bagi sleuruh wartawan dan insan pers oleh Asyirwan Yunus.

 

”Saya dulu sering menulis di berbagai media massa di Medan. Sampai menjadi anggota DPRD Sumut sebelum menjadi Wakil Bupati Limapuluh Kota, saya juga sempat menjadi guru sekolah selama enam tahun. Jadi, dunia kepenulisan dan kependidikan dekat dengan kseharian saya,” ujar Asyirwan Yunus kepada wartawan.

 

Ditanyakan komentarnya tentang dunia pendidikan saat ini, Wabup Limapuluh Kota mengakui selalu memberikan penguatan bahwa guru harus mendidik, bukan hanya mengajar. Sebab itu, Wabup mengaku sedih jika ada guru yang melakukan pelanggaran perilaku di depan siswanya.

 

Soal merokok pun, Asyirwan Yunus sangat menjaga sikapnya di lingkungan sekolah. Wabup menjaga sekali agar di sekolah tidak sebatang rokokpun yang dibakar. Sebab itu, terkadang arahannya di depan selaku pembina upacara seringkali membuat para siswa bertepuk tangan. Ia pun sadar, bahwa ada guru yang berbuat itu di depan siswanya.

 

Sekaitan dengan Hari Pers Bebas Sedunia, Wabup Asyirwan Yunus yang dekat dengan dunia kewartawanan sejak lama ini mengaku sangat menghargai kinerja wartawan. Makanya, kepada Humas, ia berharap agar perlakuan dan anggaran bagi insan pers diberikan peningkatan setiap tahunnya. Di hari pers bebas dunia, 3 Mei 2013, kali ini diperingati oleh wartawan sedunia.(dsp)