Gambar

WAKILI SUMBAR, INGIN JADI PENERBANG


Payakumbuh

 

Layaknya prestasi awal-awal perenang Sumbar yang dinasionalkan, Harizal, kini hadir Tegar Mulia Nasution. Layaknya perenang cepat unggulan, Tegar berhasil menyabet empat medali emas di ajang Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN) tingkat Sumbar beberapa waktu lalu. Tegar yang bertubuh tegap ini berhasil meraih 4 emas di Cabang renang pada nomor, Kupu-kupu 50 meter, Dada 50 meter, Punggung 50 meter dan Gaya Bebas 50 meter.

Diakui oleh orang tuanya, Bintara Polri Aipda Mulia Raja Nasution dan Ninta Arika yang Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Istiqomah Bulakan Balai Kandih Koto Nan Ampek Payakumbuh, Tegar Mulia Nasution punya semangat yang tinggi untuk berprestasi. Diakui bahwa putra mereka ini memang bertekad untuk selalu tampil terbaik.

”Tegar, putra kami selalu ingin tampil dengan prestasi terbaiknya. Jadi, kini menjadi utusan Sumbar ke ajang nasional, O2SN ke Kalimantan Timur, Juli mendatang kami dukung sepenuhnya. Kamipun memohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Kota Payakumbuh dan Sumatera Barat umumnya,” ujar Mulia dan Ninta, orang tua Tegar.

Tegar yang lahir 2 Mei 1999 ini dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumbar yang diadakan pada tanggal 27 – 29 Mei 2013 di Padang, juga menyabet 1 medali emas nomor gaya bebas 200 m, 3 medali perak dari nomor gaya kupu kupu putra 200 m, 100 m, 50 m dan 1 medali perunggu nomor gaya ganti 200 m.

Sulung dari empat bersaudara ini bercita-cita menjadi penerbang, Perwira Angkatan Udara dan sangat ingin bertanding di arena Olimpiade Internasional. Untuk menggapai cita-citanya itu Tegar giat berlatih di kolam renang Ngalau kota Payakumbuh di bawah bimbingan pelatihnya Jumedi yang seorang Honorer di SMAN 1 Harau Kecamatan Limapuluh Kota.

Payakumbuh sangat dibanggakan dengan tampilnya Tegar di arena renang O2SN ini. Apalagi ke tingkat nasional, Payakumbuh sangat diuntungkan dengan terutusnya Tegar. Di ajang lomba cabang renang, di papan skoring digitalnya, akan tercatat daerah asal Tegar. Payakumbuh.

Disamping itu, proyeksi Tegar akan tampil sebagai perenang unggulan Sumbar kian terbuka. Potensi peraih emas O2SN Sumbar ini sangat luar biasa tinggi di ajang O2SN nasional Juli mendatang.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Wilman Singkuan, mendengar hal ini langsung mengucapkan selamat dan menyampaikan dukungan seluruh masyarakat Payakumbuh kepada Tegar Mulia Nasution untuk berlaga sebaik-baiknya demi prestasi tertinggi.

”Tegar, adalah salah seorang putra Payakumbuh yang kini tampil di ajang nasional. Seluruh masyarakat Kota Payakumbuh akan mendoakan dan memberikan dukungan agar Tegar bisa menang di ajang O2SN nantinya. Insya Allah, Payakumbuh kian berjaya,” ungkap Wilman Singkuan yang ikut memperhatikan perkembangan olahraga prestasi di Kota Payakumbuh.

Bersama Wilman Singkuan, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Tri Venindra bahkan memuji prestasi Tegar sebagai prestasi yang luar biasa. Ke depannya, peningkatan prestasi olahraga, di seluruh cabang harus mendapat perhatian optimal dari pemerintah. DPRD menurut Ketua PSSI Kota Payakumbuh ini secara penganggaran telah mendukung penuh olahraga prestasi di kota ini.

”Insya Allah, Payakumbuh akan berjaya dan Tegar akan tampil sebagai juara nasional,” harap Tri Venindra.(dsp)