FEDERASI AEROSPORT SELURUH INDONESIA (FASI) KOTA PAYAKUMBUH

PAYAKUMBUH

PARALAYANG
PARALAYANG

Pengurus Kota Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) Payakumbuh punya potensi tinggi untuk prestasi. Sayang, menurut Ketuanya, Yulizon Datuak Bagindo, saat ini ketertinggalan cabang olahraga ini masih terkendala di peralatan dan alat untuk terbang. Yulizon mengatakan, saat ini saja, duo atlet putri terbang layang Payakumbuh; Riani Kusuma Kembari dan Revi Susi Ekawati, menjadi atlet andalan Kota Payakumbuh dengan peluang emas di Porprov XIII tahun 2014 di Kabupaten Dharmasraya.

”Dalam perjuangannya di tingkat nasional, dalam Bupati Cup di Puncak Bogor, 3 Mei hingga 2 Juni lalu berhasil menggondol 2 medali perak. Prestasi yang luar biasa untuk tingkat nasional yang disabet oleh atlet paralayang asal Kota Payakumbuh ini.

Bicara soal fasilitas dan tempat latihan, Yulizon mengakui, bahwa di puncak Talang, komplek perbukitan Ngalau Indah, lokasinya sangat bagus. Bahkan, banyak atlet paralayang dunia mengakui bahwa lokasi ini terbaik saat ini, jika dibandingkan lokasi-lokasi terbang lainnya di dunia.

Namun, masih disayangkan, untuk alat transportasi serta prasarananya belum baik sama sekali. Sehingga, jalan yang ditempuh menuju ke puncxak Talang itu luar biasa tingkat kesulitannya. Apalagi kalau musim penghujan.

Yulizon mengatakan, sudah pernah Walikota Payakumbuh melakukan survey ke daerah atas dan melihat langsung kelayakan lokasi ini. Namun, sampai saat ini, lokasi terbang layang belum termaksimalkan, akibat fasilitas jalan menuju ke sana yang masih buruk.

FASI Payakumbuh pun punya pelatih terbang layang yang andal. Ialah Erwin N Harahap yang punya lisensi kepelatihan nasional. Potensi cabang ini sungguh besar. Ditambah, dengan banyaknya nomor terbang yang akan memperebutkan banyak medali di Porprov XIII di Dharmasraya, tahun depan itu.

FASI Kota Payakumbuh optimis bahwa cabang olahraganya akan berhasil menyumbangkan beberapa emas buat Kota Batiah. Tinggal lagi, fokus dan kelancaran fasilitas serta prasarana yang diberikan oleh pemerintah kota.(dsp)