PAYAKUMBUH

image
Kadis Pertanian Payakumbuh, Iqbal Barmawi

Penataan aset Pemko Payakumbuh, kini dilakukan oleh Dinas Pertanian Payakumbuh. Aset dinas ini banyak tersebar di kecamatan, kelompok tani, dan banyak wilayah di Kota Payakumbuh.

“Rencana pemekaran dinas ini sudah final. Di Januari 2014 sudah ada dua dinas; pertanian dan peternakan. Makanya, tugas kami sekarang, menghimpun jumlah aset seluruhnya, termasuk seluruh kekayaan pemerintahan yang kini ada di masyarakat,” ujar Kadinas Pertanian Payakumbuh, Iqbal Barmawi, di Balaikota Payakumbuh.

354 sapi penggemukan, 136 kolam ikan banyak tak terurus, kini. Kelompok tani, bahkan sudah ada yang mengaku telah menjual sapi yang dititipgemukkan itu. Kelompok tani itu bahkan, sudah ada yang sudah berjanji akan segera mengganti ternak bantuan bergilir pemerintah itu.

ANJING BAKAL DIRACUN

Anjing liar di Payakumbuh, akan dilakukan peracunan anjing liar. Segera, di tengah November, akan turun tim peracunan; pertanian, kecamatan, pemuka masyarakat setempat.

“Kita meracun anjing liar, dengan spritmint atau racun hewan. Dicampur dengan sarden dan daging mentah. Dikemas seperti gumpalan bola,” ujar Iqbal Barmawi.