PAYAKUMBUH

Gambar
Helat Pekan Olahraga Provinsi Sumbar XIII di Dharmasraya positif digelar 13-23 Desember 2014. Kepastian ini disampaikan oleh Ketua Bidang Acara Andiko Jumarel kepada Rakyat Sumbar, langsung dari Dharmasraya. Penetapan waktu tersebut, setelah melewati berbagai kajian dan pertimbangan.
 
“Panitia Pelaksana Porprov Sumbar XIII telah memastikan untuk menggelar pada 13-23 Desember mendatang. Memang, cukup kasip dengan akhir tahun, namun, kondisi kesiapan dan secara keseluruhan di Sumbar, menjadikan kita menetapkan di tanggal tersebut,” ujar Andiko Jumarel yang putra asli Payakumbuh ini.
Soal kesiapan, Pemkab Dharmasraya sendiri, kini di bawah naungan Panitia Pelaksana Porprov XIII terus mengebut persiapan. Stadion Utama yang kini tengah disiapkan, telah mencapai 85 persen siap. Nah, untuk venue lainnya, Pemkab pun telah dan tengah mempersiapkan.
 
Perihal penginapan atlet, disebutkan oleh Andiko Jumarel bahwa sekolah-sekolah utama dan terbaik telah dirancang sesuai untuk tempat menginap kontingen. Ada SMA 1, SMP Unggul dan lokasi lainnya yang jaraknya berdekatan dengan berbagai venue pertandingan.
 
KEJAR BANTUAN

Kreativitas Panitia Pelaksana dalam melengkapi kebutuhan Porprov XIII sangat patut diacungkan jempol. Bahkan, Bupati Dharmasraya sendiri, Ady Gunawan telah menyurati Menteri Telekomunikasi dan Informatika Tifatul Datuak Tumangguang untuk mendapatkan bantuan internet, media center, sampai dukungan kegiatan bertema IT lainnya.
“Kita telah antarkan surat ke Kemenkominfo,. Menteri sendiri telah mengakui sudah menerima surat tersebut. Namun, sampai hari ini masih sibuk, katanya,” demikian disampaikan oleh Andiko.
Namun, selaku daerah penyelenggara alek olahraga prestasi Sumatera Barat, Dharmasraya bukan daerah baru tanpa sumber daya. Mentalitas Dharmasraya dengan perangkat kerja yang berpengalaman dan aktif menjaring hubungan ke pusat terus terhubung memantau kesediaan pusat untuk ikut membantu Porprov XIII.
Kini, yang akan diupayakan oleh Panitia Pelaksana Porprov XIII adalah keikutsertaan dan donasi serta sponsorship. Termasuk bantuan lokal dan nasional. Sebab, jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten Dharmasraya, daerah lain pun jika dibebankan hal yang sama, jelas tak mampu.
 
PAYAKUMBUH BERSIAP

Baik Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Ketua DPRD Wilman Singkuan, Ketua KONI Dedrizal dan seluruh perangkat mengaku terus mempositifkan persiapan Kota Payakumbuh menuju alek olahraga prestasi ini. Ibaratnya, Kota Payakumbuh dengan raihan 22 emas, 30 perak, dan 36 perunggu berada di urutan ke-9 porprov lalu, tentu hendak mendaki prestasi di Porprov XIII Dharmasraya mendatang.

“Kita pun harus memacu pembinaan dan latihan atlet lebih baik lagi. Maksimalisasi kemampuan anggaran yang ada tentu menjadi prioritas kita semua. Insya Allah Payakumbuh bisa,” ujar Wilman Singkuan yakin.(dsp)