START STAGE, LIMAPULUH KOTA MENUAI SUKSES

LIMAPULUH KOTA

Gambar

Tour de Singkarak 2014 kali ini menuai hasil setelah dinyatakan oleh Wakil Mentri Pariwisata dan Industri Kreatif Sapta Munandar, bahwa TdS kini sudah masuk kategori 5 besar penyelenggaraan iven balap sepeda internasional. Di Limapuluh Kota selaku tuan rumah dengan lokasi Start Stage III, 9 Juni mendatang, 180 pembalap sepeda dari 23 negara dipastikan ambil bagian di even balap sepeda keenam yang berlangsung dari 7–15 Juni mendatang itu. Tour de Singkarak tahun ini akan menjajal lintasan jalan raya sepanjang 1.250 kilometer yang dibagi dalam sembilan stage.

Ali Hasan, mengatakan Panitia Pelaksana untuk Start Stage III sudah menyiapkan segala keperluan. Tak lupa, untuk masyarakat fotografer dan media. Ali Hasan menjelaskan ada dua lokasi utama bagi ’media stage’ III.  Total pendanaan Rp300 juta untuk pelaksanaan TdS yang dibudgettingnya diatur oleh Panitia Pusat ini, dikatakan Ali Hasan yang berfungsi selaku Wakil Sekretaris Panitia, digunakan mulai dari pendanaan kegiatan sampai hadiah.

Penanggung jawab Yendri Thomas, Ketua Panitia Ir Amran, Wakil Sekretaris Ali Hasan menyebutkan bahwa TdS 2014 dilaksanakan kembali dengan start stage III di Limapuluh Kota dengan kebanggaan luar biasa. Start ini akan diikuti pebalap dari 20 team pro continental dan continental yang berasal dari negara Jepang, Iran, Singapura, Australia, Maroko, Tunisia, Moldova, Mongolia, Uzbekistan, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, UEA, Malaysia dan Indonesia.

Tour de Singkarak tahun ini memperebutkan total hadiah Rp1,3 miliar. Balapan kali ini digelar di Kabupaten Padang Pariaman dan finish di Kota Pariaman. Etape kedua akan dimulai dari Kabupaten Pasaman dan finish di Kabupaten Pasaman Barat.

Stage tiga dimulai dari Kabupaten Limapuluh Kota dan finish di Kabupaten Tanah Datar. Selanjutnya, pebalan akan memulai star pada etape empat dari Bukittinggi dan berakhir di Kabupaten Agam.

Pada etape lima, pebalap akan memulai star dari Kota Payakumbuh dan finish di Kabupaten Solok. Etape selanjutnya, star akan dimulai dari Padang Panjang dan finish di Kota Solok. Etape ketujuh akan dimulai dari Sijunjung dan finish di Dharmasraya sedangkan etape kedelapan dimulai dari Sawahlunto dan finish di Solok Selatan. Etape terakhir akan dimulai dari Pesisir Selatan dan finish di Kota Padang.

Pembukaan Tour de Singkarang keenam ini akan berlangsung di Pantai Tiram, Kabupaten Padang Pariaman, 6 Juni mendatang. Pada 2013 lalu, tim Tabriz Petrochemical, Iran, sukses menjuarai ajang tahunan ini dan Ghader Mizbani sukses menyabet yellow jersey yang ketiga selama keikutsertaannya di ajang ini.

Ghader Mizbani sukses menggungguli lawan-lawannya dengan catatan waktu terbaik 26 jam 07 menit 55 detik dari tujuh stage yang diperlombakan. Ghader juga berprestasi serupa di ajang Tour de Singkarak 2010 dan 2011.

 

PAD TINGGI

 

Dampak TdS bagi Limapuluh Kota bukan tidak signifikan. Justru sangat tinggi. Ali Hasan yang juga Kabid Pariwisata Limapuluh Kota menjelaskan target pencapaian Pendapatan Asli Daerah di 2013 yang Rp300 juta justru terlampaui. Apalagi di 2014, dengan target PAD Rp430 juta, hingga Mei 2014 saja sudah tercapai 50 persen.

TdS sontak kembali membuka mata dunia dan pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat kembali menggeliat lebih baik. Ali Hasan menyebut kunjungan domestik kini meninggi, apalagi season libur turis asing akan segera masuk. Diperkirakan, seluruh penginapan, area wisata, dan berbagai objek akan penuh pengunjung.

”Inilah hebatnya Tour de Singkarak. Seluruh item termotivasi terjual. Mulai dari merchandise sampai kamar inap. Meski diakui oleh Ali Hasan pilihan pebalap masih ke Bukittinggi dan Padangpanjang, sebab hotel di sana berbintang 3-5, namun untuk hotel melati dan homestay, sudah dipesan jauh hari di momentum TdS.

TdS 2014 ini diakui panitia istimewa untuk Limapuluh Kota. Sebab, kata Ali Hasan, baru kali ini Limapuluh Kota digunakan untuk start stage. Sebelumnya di 2011-2012, Limapuluh Kota sebagai finish stage. 2013 lebih malang, hanya dilewati saja. Namun, 2014 ini, pebalap, ofisial, media internasional, nasional dan lokal akan menikmati deretan pebalap mulai dari garis Start di Kantor Bupati di Sarilamak.

Tour de Singkarak banyak positivisme yang tumbuh sebab dilaksanakan di Limapuluh Kota. Diawali dengan atraksi budaya, pacu itiak, dan rangkaian kegiatan kebudayaan di lokasi start, Limapuluh Kota akan terekspos hingga ke seluruh dunia.