Tour de Singkarak Etape III di Limapuluh Kota
Zulhikmi: Hikmah Bagi Daerah

LIMAPULUH KOTA

Gambar

Wagub, Wamen, Bupati dan Wakil Bupati

Bahwa Tour de Singkarak yang menghabiskan anggaran hingga Rp300 juta itu, memberikan ekspos positif bagi pariwisata daerah, tidak terbantahkan. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Zulhikmi MMPd Dt Rajo Suaro yang mengaku tidak tahu persis jumlah anggaran yang digelontorkan, mengakui bahwa TdS 2014, setelah TdS sebelumnya, membawa hikmah bagi daerah Limapuluh Kota.

Zulhikmi mengatakan Kamis (5/6) lalu di Tanjung Pati. Pebalap TdS akan merasakan nikmatnya berkendara di alam hijau Limapuluh Kota. Tentunya, kebanggaan utama, yakni dengan diliput oleh media pariwisata internasioan, TdS tidak hanya menebar harapan, tetapi juga telah memberikan penguatan bagi magnet pariwisata di Limapuluh Kota.

Tour de Singkarak 2014 kali ini menjadi dukungan yang besar bagi dunia kepariwisataan di Limapuluh Kota. TdS akan start di Kantor Bupati Limapuluh Kota di Bukik Limau Sarilamak. Start prestisius ini akan melepas para pebalap dengan berbagai penampilan budaya dan atraksi pariwisata. Mulai dari atraksi talempong pacik, sampai ke pacu itiak, akan meramaikan start TdS di Limapuluh Kota.

“Diiringi Pekan Budaya 2-7 Juni, akan menjadi pembukaan peramai pariwisata dan budaya di Limapuluh Kota. Kali ini, Pekan Budaya digelar dengan penuh atraksi kebudayaan dan lomba-lomba sehingga masyarakat ramai menyaksikan,” info Kabid Pariwisata Limapuluh Kota, Ali Hasan SSos, Selasa (27/5) lalu.

Ali Hasan menceritakan bahwa TdS di Limapuluh Kota akan menggunakan sistem start dan prerace menuju Kelok 9. Alam wisata Limapuluh Kota akan terkembang. Semuanya menjadi konsumsi bagi para pebalap, ofisial, dan media internasional, nasional dan lokal. Para fotografer profesional dan amatir diberikan tempat dan posisi terbaik. Pihak keamanan dan panitia lokal pun menyebar dengan titik-titik yang ditentukan.

Dari Kelok 9, yang kaya pemandangan alam terbaik, termasuk Lembah Harau menuju Sarilamak, lalu dilanjutkan ke arah Halaban. Depan Kantor Bupati Limapuluh Kota dikatakan juga akan ramai khusus bagi pengunjung dan penonton masyarakat di Kota Payakumbuh.

Ali Hasan sendiri menyampaikan bahwa, persiapan dalam menyukseskan Tour De Singkaran Etape III di Kabupaten Limapuluh Kota, hampir rampung. Persiapan dalam penyambutan serta pelepasan ratusan pembalap di dilaksanakan halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, terus dikebut. Tak hanya persiapan dalam ceremonial pelepasan TDS di garis start Etape III, tetapi sejumlah jalan yang bakal dilewati pembalap di Kabupaten Limapuluh Kota, terus dipermulus oleh pihak provinsi.