Sipongang Dukung “Rang Mudiak” Menguat

LIMAPULUH KOTA

SAFARUDDIN DATUAK BANDARO RAJO
SAFARUDDIN DATUAK BANDARO RAJO
BENNY MUCHTAR
BENNY MUCHTAR

Mengapungnya keinginan masyarakat rang asli Mudiak (sebutan masyarakat Guguak, Suliki, Gunung Omeh dan Bukit Barisan) yang digadang-gadang pantas dipilih menjadi Bupati Limapuluh periode 2015 mendatang, mendapat  respon positif dari kalangan tokoh masyarakat asli rang Mudiak. Sipongang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, artinya gema atau gaung.

Adalah, Dr (HC) Syawaluddin Ayyub, seorang budayawan nasional asal Sungai Siriah, Kototinggi, Kecamatan Gunung Omeh, yang langsung merespon adanya keinginan masyarakat asli Mudiak untuk memberikan dukungan kepada calon Bupati atau Wakil Bupati asli rang Mudiak.

”Selaku putra asli rang Mudiak, saya merespon keinginan masyarakat mudiak untuk mendukung bakal calon Bupati atau Wakil Bupati asli rang Mudiak,” ujar  budayawan Sumbar itu berkomentar.   

Menurut Dr (HC) Syawaluddin Ayyub, alasan untuk memberikan dukungan kepada figur bakal calon Bupati atau Wakil Bupati asli rang Mudiak, berkaca dari masa lalu karena belum pernahnya rang asli Mudiak menjadi Kepala Daerah di Kabupaten Limapuluh Kota.

”Untuk itu, melalui media ini, Saya imbau atau serukan kepada seluruh warga  masyarakat asli rang Mudiak, baik yang berada di kampung halaman ataupun yang bermukim diperantauan, agar memberikan dukungan kepada figur bakal calon Bupati atau Wakil Bupati yang berasal dari asli Mudiak pada Pilkada  yang akan digelar 2015 mendatang” ujar Dr (HC) Syawaluddin Ayyub.

Tak hanya Dr (HC) Syawaluddin Ayyub, yang merespon adanya keinginan untuk mendukung figur balon Bupati atau Wakil Bupati asli rang Mudiak. Namun, seorang tokoh Pers di Luak Limopuluah, Zulkifli Damhur, juga memberikan pendapat yang sama.

”Saya berharap rang asli Mudiak berpikir jernih menghadapi Pilkada mendatang. Karena menurut hemat saya, saat ini momentum emas bagi rang Mudiak untuk tampil merebut kekuasaan” ujar Wartawan Senior Harian Haluan ini berpendapat.

Sementara itu, Boneto Dt Mangun, seorang perantau yang bermukim di Kota Pekanbaru, Riau, juga menyatakan keinginannya untuk mendukung figur balon Bupati dan Wakil Bupati asal Mudiak.

”Siapapun nanti figur atau tokoh asal Mudiak yang muncul sebagai bakal calon Bupati atau Wakil Bupati, Saya berharap mendapat dukungan penuh dari masyarakat Mudiak” harap Boneto Dt Mangun.

Seorang anggota DPRD Limapuluh Kota asal Koto Kociak VII Koto talago, Kecamatan Guguk, Putra Satria Very, mengaku sangat merespon adanya keinginan warga Mudiak untuk sepakat memberikan dukungan kepada balon Bupati atau Wakil Bupati asal Mudiak.

“Menurut hemat saya, sudah saatnya figur dari Mudiak menjadi Kepala Daerah” ujar kader Partai Golkar itu berkomentar.

Pendapat yang sama juga diutarakan Sekdakab Dhamasraya, Benny Muhktar. Dihubungi melalui telepon selulernya, mantan Wakil Walikota Payakumbuh putra Kubang, Kecamatan Guguak itu, mengaku sangat setuju adanya keinginan masyarakat asal Mudiak untuk memberikan dukungan kepada figur calon Bupati atau Wakil Bupati asal Mudiak.

”Sebagai putra rang Mudiak, saya setuju adanya keinginan masyarakat Mudiak untuk memberikan dukungan kepada balon Bupati atau Wakil Bupati asal Mudiak” ujar Benny Mukhtar singkat.