”Sukses di Jantung Lumuik Suliki, Majukan Ekonomi Masyarakat, Sentakkan Pemerintah Daerah”

Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus serahkan Akta Notaris Asosasi Lumuik Suliki kepada Ketua Khairul Apit bersama Bendahara Ferry Zulhasdi dan Sekretaris Dodi Yanto
Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus serahkan Akta Notaris Asosasi Lumuik Suliki kepada Ketua Khairul Apit bersama Bendahara Ferry Zulhasdi dan Sekretaris Dodi Yanto

Bagian III

 

Penulis-Dodi Syahputra Malin Marajo
Penulis-Dodi Syahputra Malin Marajo

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi, pada Pembukaan Pacu Kuda Payakumbuh 2015 di Gelanggang Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Minggu (15/2), mendapat hadiah kenang-kenangan berupa cincin Batu Akik Lumuik Suliki dari Walikota Payakumbuh, Riza Falepi.

Bersama Menpora RI, Imam Nahrawi, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, juga mendapat hadiah kenang-kenangan serupa dari dari Walikota, Riza Falepi. Pemberian hadiah itu disaksikan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo dan Wabup H Asyirwan Yunus.

Kedua pejabat tinggi pusat dan provinsi itu, tampak bangga mendapat hadiah cincin Batu Akik Lumuik Suliki yang tengah booming di tingkat Asia Tenggara ini. Buktinya, keduanya tampak mengacung-acungkan jemari mereka, saat wartawan mengabadikan momen pemberian hadiah cincin Batu Akik Lumuik Suliki.

Saking bangganya, Imam Narawi selepas berkunjung ke Payakumbuh dan lanjut ke Sumsel langsung mengeluarkan pernyataan mengusulkan agar batu akik menjadi cinderamata di Sea Games Indonesia 2018 mendatang.

Pameran dan Lelang Batu Akik Lumuik Suliki yang berlangsung di Pasar Suliki, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis sore (19/2) mendapat perhatian dari pecandu batu akik. Buktinya, ribuan pengunjung dari berbagai daerah seperti Pasaman, Padang, Bukittinggi, Aceh dan Pekanbaru, memadati stand pameran yang digelar di pelataran Parkir Pakan Sanayan, Suliki.

Di pembukaan itu, Wakil Bupati Limapuluh Kota pun melaporkan telah memasangkan cincin Batu Akik Lumuik Suliki ke jari 3 orang Mentri. Belum lagi tokoh-tokoh nasional lainnya. Cara marketing ini efektif menaikkan peringkat Batu Akik Lumuik Suliki di pentas nasional.

Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo, mengatakan potensi Batu Akik Lumuik Suliki sangat menjanjikan. Sebab Batu Akik Lumuik Suliki ini adalah batu alam mengandung potensi logam yang cukup tinggi. Oleh Alis Marajo, diminta ke seluruh guru agar mengajarkan dan mendidik siswanya memahamkan tentang hal ini. Agar Batu Akik Lumuik Suliki jauh dari tahayul.

Sementara itu Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo dalam pidatonya mendukung Batu Akik Lumuik Suliki dikembangkan sebagai usaha ekonomi masyarakat. Apalagi, saat ini batu akik lumuik Suliki tengah naik kelas di negeri ini.

”Terbentuknya Asosiasi Lumuik Suliki, diharapkan mampu mencari keterobosan pasar terhadap produk Batu Akik Lumuik Suliki,” ujar Ketua DPRD Limapuluh Kota. Sembari ia juga meminta kepada Walinagari untuk membuat Peraturan Nagari (Pernag) dalam rangka menghindari terjadi kerusakan alam dan perselisihan di tengah masyarakat.

Pameran dan Lelang Batu Akik Lumuik Suliki itu diakhiri dengan lelang cincin Batu Lumuik Suliki warna hijau dan merah yang dibeli oleh Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Kepala Lingkungan Hidup Pemkab Limapuluh Kota Deswan.

Bupati Alis Marajo, Wakil Bupati H Asyirwan Yunus, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Wakil Ketua DPRD Payakumbuh H Wilman Singkuan Datuak Parpatiah memberikan bantuan dana untuk kegiatan Asosiasi Lumuik Suliki.(Dodi Syahputra)