Komisaris Polisi Bambang Yudhistira Sastro Widjoyono
Komisaris Polisi Bambang Yudhistira Sastro Widjoyono
Batu Akik Lumuik Suliki motif wayang
Batu Akik Lumuik Suliki motif wayang

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Sudahkah ada yang tahu bahwa jenis batu akik Lumuik Suliki itu banyak yang bermotif gambar dan tulisan tertentu. Jelas, semua tahu. Tapi, adakah yang tahu motif batu akik yang dimiliki oleh Bambang Yudhistira ini, sungguh mengingatkannya akan kampong halaman, di Jawa. Ya, batu akiknya bermotif wayang. Wayang yang selalu menjadi idola Kepala Badan Narkotika Kota (BNN) Payakumbuh ini sejak kecilnya, di Jawa.

Pria berperawakan santun ini, awalnya setahun yang lalu mendapatkan bongkahan batu dari anak Datuak Bijo, sesepuhnya batu akik Lumuik Suliki, di Suliki. Suliki yang berjarak 36 km dari Kota Payakumbuh menjadi tempatnya bermain setiap minggu, sebab kegemarannya pada batu akik Lumuik Suliki, turut tumbuh sejak inn nya batu akik beberapa waktu belakangan.

”Awalnya, bongkahan batu Lumuik Suliki ini tidak terlihat menarik bagi Komisaris Polisi ini. Bentuknya, sebab masih berupa bongkahan, masih tidak menarik. Masih tertutup kulit batu yang di sisi-sisi tertentu masih ada kapurnya,” ujar Bambang Yudhistira bercerita.

Koleksi batu akik Lumuik Suliki Bambang sudah sejibun. Namun, ia belum puas. Makanya, melihat bongkahan batu yang sudah setahun tergeletak di atas meja kerjanya itu, ia segera bawa ke tempat pengrajin Akim di Bukit Sitabur Payakumbuh. Di sana, sang pengrajin langsung paham dengan gambaran hasil batu. ”Wayang!”

Semula, Bambang Yudhistra kurang yakin kalau akan jadi batu akik bermotif wayang. Makin halus, batu akik ini makin tampak motifnya. Gambar wayang itu mulai tampak. Maka, sesuai dengan ukurannya, maka jadilah batu liontin asal batu akik Lumuik Suliki bermotif wayang.

Wajah puas akan hasil batu akiknya ini, langsung dibawa pulang kampung ke tanah Jawa oleh Bambang Yudhistira dengan bangga. Bambang yang tengah ada urusan dinas itu menyempatkan diri pulang ke kampong halamannya. Para tetangga, handai tolan, dan sejawatnya gempar.

”Wah, wayang pun tertanam di batu akik Lumuik Suliki, rupanya,” kesan para saudara Bambang di Jawa. Bambang mengaku sudah telanjur jatuh cinta dengan batu akik Lumuik Suliki. Liontin bermotif wayang itu berukuran panjang 3,5 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 1,5 cm.

Dijual? ”Kalau cuocok!” katanya dengan senyum khas Komisaris Polisi Bambang Yudhistira Sastro Widjoyono ini.(Dodi Syahputra)