Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus bersama wartawan
Wakil Bupati Limapuluh Kota H Asyirwan Yunus bersama wartawan

Limapuluh Kota, PADANTODAY.com-Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyirwan Yunus, Selasa (24/3) saat meresmikan kantor baru Disperidagkop di Bukik Limau, Sarilamak, Kecamatan Harau, menantang Dinas Perindustrian Perdagangan UMKM dan Koperasi untuk berfikir inovatif. Mengingat banyak hasil bumi Limapuluh Kota berhasil dijadikan hasil kreatif aneka makanan dan produksi oleh Kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Wabup H Asyirwan Yunus menyebut, kerupuk sanjai yang terkenal di Bukittinggi sebenarnya bahan baku ubinya berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota. Kemudian hasil kebun masyarakat seperti coklat, dimana kualitas coklat nomor 4 terbaik di Indonesai adalah Limapuluh Kota, namun pabrik Coklat malah berdiri di Kota tetangga Payakumbuh.

”Tidak hanya itu, masyarakat Limapuluh Kota juga dikenal sebagai peternak. Sehingga berhasil membudidayakan Sapi dan kerbau terbaik, namun sayang justeru rumah potong hewan berdiri di Payakumbuh,” kata mantan guru matematika ini.

Rasa kecewa Wabup H Asyirwan Yunus, juga tampak dari tidak mampunya Disperindag mengambil momen booming batu Akik di Indonesia saat ini.

”Padahal Limapuluh Kota punya sumber batu akik dan dikenal di Indonesia dengan nama Lumuik Suliki. Tapi sayang kita tidak bisa mengambil momen, sehingga kontes batu akik justeru diadakan di daerah yang bukan penghasil batu itu sendiri, dan kita belum pernah,” jelas Wakil Bupati Limapuluh Kota Ayisrwan Yunus.

Orang nomor dua di Luak Nan Bungsu itu juga meminta Disperindagkop membuat gedung pusat kerajinan dan oleh-oleh Limapuluh Kota. Karena selama ini baik songket, karak telur, sulaman, bordir, anyaman mensiang, dan berbagai hasil prodak UMKM lainnya masih berserak-serak diberbagai lokasi.

“Hasil UMKM kita berserak-serak, belum terpusat. Coba kita kedarah lain, setelah kita berkeliling keberbagai tempat, terakhir kita akan dibawanya ke pusat kerajinan dan oleh-oleh khas daerah setempat. Kalau kita tidak, ini harus segera diwujudkan,” jelas Wabup H Asyirwan Yunus.

Di akhir pidatonya, Wabup H Asyirwan Yunus menantang Disperindagkop untuk membuat kontes batu akik pada hari ulang tahun Kabupaten Limapuluh Kota April mendatang. Tidak hanya kontes batu akik, tetapi juga membuat lomba mengasah batu akik terpanjang di Indonesia sehingga memecahkan rekor muri.

“Kita tantang Disperindag, dan dengan gedung baru ini kedepan Disperindagkop memiliki ide-ide kreatif dengan semangat baru,” pintanya.

Kepala Disperindagkop Limapuluh Kota Yunire Yunirman, di hadapan Wabup H Asyirwan Yunus menjelaskan berbagai keberhasilan Disperidagkop dalam berbagai bidang, baik UMKM maupun Koperasi.

“UMKM kita sudah menembus pasar nasional dan internasional seperti Songket, bordir, sulam, kemudian anyaman mansiang juga pernah masuk istana Kepresidenan semasa SBY,” sebutnya.

Namun begitu, Yunire Yunirman, mengaku siap untuk melakukan berbagai terobosan dalam memajukan UMKM dan hasil kreatifitas masyarakat Limapuluh Kota ke depan.(Dodi Syahputra)