Tim Redaksi Majalah Darul Funun berfoto bersama pemateri jurnalistik Dodi Syahputra

Pemateri jurnalistik Dodi Syahputra di Pelatihan Jurnalistik DFA
Pemateri jurnalistik Dodi Syahputra di Pelatihan Jurnalistik DFA

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bermodalkan tekad dan keinginan yang kuat untuk membekali diri dengan ilmu jurnalistik, murid Pesantren Darul Funun El-Abassiyaah (DFA) menggelar Pelatihan Jurnalistik, ”Sarana Pemantapan Jurnalis Andal” di Gedung Kelas DFA, Sabtu (26/9) di Padang Jopang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota. Sehari penuh, 33 orang siswa ditambah panitia pelaksana diberikan materi jurnalistik oleh Ketua Seksi Pendidikan dan Peningkatan SDM PWI Payakumbuh/Limapuluh Kota, Dodi Syahputra.

Animo para siswa Pesantren DFA sangat dipuji, Meski, baru menghasilkan majalah dinding, kini warga sekolah MTs dan MA ini siap melaju dengan dukungan Kemenag Limapuluh Kota, menjadikan sekolah berbasis pesantren ini memiliki dan memproduksi majalah sekolah. Untuk sementara, hasil kerja para siswa yang dibagi dalam lima kelompok di Pelatihan Jurnalistik itu, dengan nama Majalah Darul Funun.

”Alhamdulillah. Animo para siswa sangat tinggi untuk belajar dan menguasai ilmu jurnalistik terapan. Sebenarnya teori jurnalistik yang sudah diperoleh para siswa di sekolah, tinggal dipakaikan di produk mejalah ini,” ungkap Dodi Syahputra, di sela istirahat siang Pelatihan Jurnalistik DFA itu.

Kelompok I, usai diberikan pengayaan materi, ditugaskan meliput kondisi warung di sekitar sekolah. Hasil liputan anak sekolah ini ternyata rinci dan runtut. Pemateri tinggal lagi menyusun ulang lead berita menjadi berunsur 5W 1H secara baik.

Pun demikian dengan Kelompok 2, 3, 4, dan 5. Masing-masing kelompok dengan item penugasan masing-masing mampu mengadaptasi kegiatan di sekolahnya menjadi liputan jurnalistik. Kepala Sekolah DFA Nasrullah Sag bersama majelis guru lainnya pun ikut mendampingi kegiatan para siswanya dari pagi hingga sore.

Pihak KUA Guguak, yang mewakili KakanKemenag Limapuluh Kota, mengatakan sangat mengapresiasi kegigihan dan semnagat para siswa DFA. Untuk pembiayaan para siswa mau beriur dan mengumpulkan sumbangan beberapa tokoh masyarakat di Guguak. Insya Allah Berkah!(dod)